Telepon merupakan alat
komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Kebanyakan telepon
beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon
sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna
lainnya.
1.
Prinsip dasar telepon
Ketika
gagang telepon diangkat, posisi telepon disebut off hook. Lalu sirkuit terbagi
menjadi dua jalur di mana bagian positifnya akan berfungsi sebagai Tip yang menunjukkan
angka nol sedangkan pada bagian negatif akan berfungsi sebagai Ring yang
menunjukkan angka -48V DC. Kedua jalur ini yang nantinya akan memproses pesan
dari sender untuk sampai ke receiver. Agar dapat
menghasilkan suara pada telepon, sinyal elektrik ditransmisikan melalui kabel
telepon yang kemudian diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver. Untuk teknologi analog, transmisi sinyal analog yang dikirimkan dari central office (CO) akan diubah menjadi transmisi digital. Angka-angka sebagai
nomer telepon merupakan penggabungan antara nada-nada dan frekuensi tertentu yang kemudian dinamakan Dual-tone multi-frequency (DTMF) dan memiliki satuan Hertz.
- Jaringan
tidak sampai pada telepon pelanggan
Lakukan pengecekan pada
kabel DW/KU/Sekunder jika terjadi putus penyelesaian : di cek menggunakan alat
pair checker rmaka harus diganti/disambung kembali.
- Kontak
Misalkan kabel
sekunder clam 1(biru-putih) dua urat tersebut bersentuhan Penyelesaian :
menggunakan alat Pair Checker
Gambar 2.1 Pair Checker
- Korosi
- Induksi
Biasanya terjadi
kabel tertanam pada tembok , penyelesaian : kabel tersebut di IKR ulang
Pengertian
Speedy dan Perangkat Pendukung,
Speedy adalah
salah satu produk PT.TELKOM yang merupakan layananan akses internet end-to-end broadband
kecepatan tinggi berbasis akses kabel tembaga yang menggunakan teknologi Asymmetric Digital Subscriber Line
(ADSL). Layanan ini memberikan jaminan kecepatan sesuai dengan paket layanan
yang digunakan pelanggan dengan pilihan kecepatan akses mulai dari 384kbps
hingga 3Mbps per line.
Kecepatan
downstream yang ditawarkan oleh Speedy saat digunakan ntuk akses internet lebih
besar daripada upstream, hal ini dikarenakan Speedy merupakan paket internet
ADSL sehingga sangat sesuai untuk keperluan browsing yang cenderung lebih
banyak melakukan aktivitas downstream. Selain itu, dengan layanan Speedy
penulis dapat menikmati internet kecepatan tinggi
dan tetap bisa menggunakan saluran telepon rumah tanpa terganggu. Hal
ini dikarenakan adanya perangkat splitter yang bisa memisahkan antara data dan
gelombang suara selama 24 jam.
Speedy memiliki
paket layanan yang dibedakan
berdasarkan ukuran downstream dan
upstreamnya sehingga dapat
disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Sebagai penyedia
layanan akses interner kecepatan tinggi, Speedy memerlukan perangkat pendukung
yang harus dipanuhi dari pihak pelanggan dan PT.TELKOM.
1.
CPE
( Costumer Premises Equipment )
Yang dalam
bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Perangkat yang berada disisi
pelanggan. CPE untuk layanan Speedy
Broadband Access terdiri dari beberapa
komponen yang harus di sediakan pelanggan, yaitu :
a.
Saluran
Telepon Eksisting (Telepon Rumah)
Saluran
telepon merupakan syarat wajib untuk dapat menikmati layanan TELKOM Speedy,
karena koneksi internet dilakukan lewat kabel telepon. Apabila customer belum memiliki telepon rumah
maka harus menghubungi pihak TELKOM sebagai penyedia jaringan PSTN untuk
dilakukan pasang baru telepon.
b.
Komputer
Perangkat yang
digunakan untuk mengolah data inputan menjadi outputan berupa informasi.
Berdasarkan definisi tersebut, komponen utama komputer secara garis besar
terdiri dari perangkat input perangkat pemroses, perangkat penyimpanan, dan
perangkat output.
Gambar 2.2
Komputer
c.
Modem
Modem
berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang
mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang
memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa
yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem yang digunakan untuk layanan Speedy adalah
jenis ADSL yang sesuai dengan teknologi ADSL yang diterapkan pada Speedy. Modem
ADSL terdiri dari dua tipe yaitu Bridge dan Router.
Gambar 2.3 Modem
d.
Splitter
Splitter
merupakan perangkat yang berfungsi memisahkan sinyal untuk voice telepon dan
data. Sinyal voice telepon berada pada frekuensi 0 – 4 Khz, sedangkan sinyal
data dibawa pada frekuensi 26 KHz – 1,1 Mhz. Splitter terdir dari 3 buah port RJ-11 dimana ketiga port tersebut
dihubungkan ke roset, telepon, dan modem.
Gambar 2.4 Splitter
e.
Konektor
Konektor
adalah komponen yang berfungsi menghubungkan antar perangkat. Pada
umumnya terdapat 3 buah konektor yang digunakan Speedy antara lain kabel
konektor RJ-11 untuk menghubungkan splitter dengan 3 komponen lain (modem,
telepon, dan roset), kabel UTP RJ-45 untuk menghubungkan modem dengan CPU
melalui LAN card, serta kabel dengan
konektor USB untuk menghubungkan modem
dengan CPU (sebagai alternatif jika CPU tidak memiliki LAN card).
Gambar 2.5 Konektor RJ45, RJ11, USB
Mengetahui gangguan
speedy melalui pesan error yang muncul.
- Jika Pesan Error
691
Jika menemukan
tampilan pesan error 691 pada PC/Laptop. Sebaiknya cek kembali username dan Password Speedy pada settingan
modem.
Untuk format pengisian username
adalah nomor speedy@telkom.net.
Untuk password speedy adalah password yang diberikan dari telkom.
- Jika
Pesan Error 678
Jika
menemukan tampilan pesan error 678. Pastikan terlebih dahulu modem menyala,
termasuk semua lampu indikator. Kemudian lakukan Ping 192.168.1.1 ke modem
dengan menggunakan Windows .
Caranya, masuk start menu lalu cari cmd.
Gambar 2.6 Saat membuka Windowns
dan Serach cmd
kemudian ketik : ping 192.168.1.1
Gambar 2.7 Saat ingin Mengecek PING
Jika setelah di ping terdapat reply, berarti modem
masih berfungsi.
Gambar 2.8 Saat Pengecekan PING
3. Jika
Pesan Error 791
Jika menemukan tampilan
error 791. Biasanya kondisi Local Area Connection ( LAN ) dalam keadaan Disable. Untuk memastikanya cek
terlebih dahulu. Caranya masuk ke Control Panel kemudian pilih Network Connection, Selanjutnya klik
kanan pada icon LAN tersebut. lalu pilih Enable.
4. Jika
Pesan Error 681
Jika menemukan tampilan error 681.
Gangguan terjadi karena line telepon dalam keadaan sibuk, Cobalah untuk koneksi
beberapa kali, Jika masih tidak dapat terkoneksi. Matikan modem terlebih
dahulu, kemudian nyalakan kembali.
Demikian
beberapa informasi yang penulis berikan, semoga dapat bermanfaat dan membantu
dalam menemukan masalah yang terjadi pada speedy.
Macam-macam
gangguan dan penanganannya
1. Jika lampu indikator pada modem
mati, seperti lampu indikator ADSL mati, berarti gangguan tersebut berasal dari
jaringan Telepon. Ketika lampu indikator ADSL mati, pastikan cek telepon
terlebih dahulu.Jika telepon berfungsi / dapat digunakan, periksa kabel yang
terhubung pada modem.
2. Jika lampu indikator pada modem
menyala semua tetapi redup, berarti kemungkinan modem rusak. Untuk
memastikannya. Bisa menggunakan modem lain untuk mengecek masalah tersebut.
3. Jika modem modem wifi, tetapi wifi
tersebut tidak terdeteksi di laptop, cek terlebih dahulu lampu indikator pada
modem. Jika lampu indikator wifi mati, tekan tombol di blakang di samping
tombol reset.
4. Jika semua lampu indikator pada
modem semua menyala, tetapi koneksi internet lambat. biasanya gangguan tersebut
dikarenakan kualitas dari jaringan. Atau bisa juga karna rusak dan banyaknya
sambungan.
a. Gangguan
pada jaringan/link nya.
Hal ini menyebabkan data-data dan voice yang dikirim dan diterima tidak akan
sampai tujuan karena tidak ada packet switched pada link tersebut,
sehingga pada modem nampak pada bagian linknya lampu indikatornya ngeblink,
yaitu tidak nyala. Penanganannya dilakukan dengan pengecekkan jaringan,
pencarian gangguan dan perepairan jaringan yang error yang digunakan oleh
pelanggan tersebut. Bila hanya satu link saja yang error, dapat segera diatasi,
namun jika terjadi gangguan masal seperti terpotongnya kabel primer atau kabel
sekunder, hal itu memerlukan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan. Belum lagi ada
prosedur dalam penggantian kabelnya dan juga besarnya kapasitas kabel. Jadi,
dalam penanganan gangguan pada link dilakukan pengecekkan, pengetesan dan
perepairan jaringan pada MDF, RK, KP/DP, KTB, soket/roset, splitter, pesawat
telepon, modem, PC dan catuan powernya.
b. Gangguan
pada sentral.
Gangguan dikatakan terjadi ke arah
sentral bila pada MDF tidak mendapat tone yang telah dilakukan pengecekkan oleh
petugas MDF. Bila pada jaringan O.K., maka petugas MDF harus melaporkan hal
tersebut ke bagian TAS (Technical Access
Support) untuk melaporkan bahwa gangguan terjadi pada sentral, sehingga
tugas dialihkan ke petugas sentral.
c. Gangguan
pada pelanggan.
Gangguan pada pelanggan biasanya
terjadi pada IKR (Instalasi Kabel Rumah) atau IKG (Instalasi Kabel Gedung)
pelanggan. Karena tanggung jawab perusahaan hanya sampai jaringan luar (KTB),
maka untuk perbaikannya adalah tanggung jawab pelanggan. Namun, untuk
meningkatkan citra perusahaan agar lebih baik, sebaiknya lakukan pengetesan dan
pengecekan pada IKR atau IKG pelanggan. Bila gangguannya masih dapat diatasi,
maka perbaiki. Namun jika sudah sulit untuk diatasi sarankan kepada pelanggan
untuk memanggil petugas IKRnya, kemungkinan terjadi kesalahan pada saat
instalasinya.
Dari segi keluhan dan cara penanganannya
1.
Tidak bisa browsing atau tidak bisa connect
Disebabkan
:
a.
dari sisi sentral : port
rusak , dari sisi jumper , dari sisi system
1)
Penanganan dari port rusak : harus mencari port lain
yang support (CO/cut over)
2)
Dari sisi jumper : harus menarik ulang dari port EQN ke
DSLAM dan melanjutkan ke primer
3)
Dari sisi system
: kordinasikan dengan orang system apakah system support untuk pelanggan speedy
b.
Dari sisi jaringan : primer / sekunder rusak , dari
kabel jaringan putus , dari istalasi pelanggan
1)
Primer / Sekunder rusak : harus mencarikan primer/sekunder
yang support (CO/Cut Over)
2)
Kabel jaringan putus : menarik ulang kabel dari DP
sampai KTB
3)
Instalasi pelanggan : harus menginstalasi ulang atau
menyambung kabel yang putus
c.
dari segi perangkat : dari modem dan alat share dan
alat laptopnya
1)
Modem : cek modem apakah dalam kondisi baik , jika
tidak support dicoba dengan modem test (jika ditest dengan modem test normal ,
berarti modem lama rusak dan harus diganti)
2)
Alat share :
a)
Switch hub : mengecek menghubungkan modem ke switch hub
dengan LAN test port line dengan laptop dengan cara test ping ( jika di test
ping normal atau replay berarti port normal jika terdapat RTO berarti port
rusak)
b)
Router : check settingan router apakah tidak mendapat
IP sehingga tidak bisa browsing jika ia lakukan setting ulang pada router ,
jika masih tidak mendapat IP lakukan pengecekan di sisi Port WAN dan LANnya
d.
dari sisi network : adapter atau lan card
1)
Adapter : apakah dalam kondisi baik , cek status apakah
disable atau enable jika disable di enablekan jika sudah enable tidak mendapat
IP atau no internet access coba inject DNS , langkahnnya : masuk start ,
control panel , network conection , lan/wan , klik kanan , properties , pilih
IP tcp 4 properties ,lalu isi angka di iP address subnet mask, IP default nya dan DNS server
2.
Putus-putus
a.
dari sisi sentral : cek jumperan apakah normal, DSLAM
dalam kondisi baik atau tidak
b.
dari sisi system : lihat bandwith pelanggan apakah
support untuk access bite yang besar
c.
dari sisi jaringan : lihat ukuran jaringan apakah
sesuai dengan ukuran QOS Telkom dengan SNR down
up , minaml < 13dB jika di bawah 13 cek ukuran dari primer/sekunder cek
kabel jaringan serta kabel instalasi apakah dalam kondisi baik jika tidak
usuhakan untuk refisi atau re-connect ulang jaringan
d.
dari sisi perangkat : cek spec dari perangkat apakah
support untuk layanan speedy, apakah perlu di install ulang atau upgrade
perangkat
3.
koneksi Lambat
a.
dari sisi sentral : cek jumperan apakah normal DSLAM
dalam kondisi baik atau tidak
b.
dari sisi system
: cek apakah layanan pelanggan sesuai dengan paket bandwith langganan dengan
cara : lihat linerate modem apakah sesui dengan paket dan cek juga layanan
dengan test speed : dengan masuk ke www.testspeed.cbn.net.id/testspeed.net/
telkomspeedy.com/testspeed.php
c.
dari sisi jaringan : lihat ukuran jaringan apakah sesui
dengan ukuran QOS Telkom dengan SNR down up , minaml < 13dB jika di bawah 13
cek ukuran dari primer/sekunder cek kabel jaringan serta kabel instalasi apakah
dalam kondisi baik jika tidak usuhakan untuk refisi atau re-connect ulang
jaringan
d.
dari sisi perangkat : cek spec dari perangkat apak
support untuk layanan speedy , apa perlu di install ulang atau upgrade
perangkat
4.
sharing tidak jalan : langsung cek dari sisi pelanggan
, cek modem apakah modem dan alat sharenya normal (LAN,Wifi) dan juga alat
share tambahan (router,switch hub)
mantap gan ilmunya
BalasHapusthaks ..
Terima kasih atas turitorialnya ilmunya bermanfaat izin shared,kunjungi kami http://www.darmawanpark.com/
BalasHapus