Kegiatan
penulis selama melaksanakan PSG yaitu menangani gangguan telepon dan dibimbing dengan salah satu pembimbing yang memonitoring kegiatan atau membantu dalam menangani gangguan telepon tersebut.
Prosedur yang awal penulis
kerjakan adalah menyiapkan material apa saja yang dibutuhkan untuk menangani
gangguan telpon. Penulis membutuhkan peralatan seperti : Pair Checker,Test
Phone,Knife Tang,Silow,Insert Tool,tangga setelah menyiapkan peralatan tersebut
penulis langsung mengecek kabel DW yang terdapat pada tiang (DP) menggunakan
alat Test phone jika tune jernih maka tidak ada gangguan yang terjadi pada DP,
jika tidak terdapat tune maka harus di cek menggunakan alat pair checker untuk
mengetahui dimana kabel DW putus, setelah menemukan kabel yang putus penulis
menggunakan alat knife tang untuk memotong kabel yang putus dan menyambungnya
menggunakan silow.
Salah satu kegiatan penulis selama PSG dan masalah yang dihadapi
Salah
satu kegiatan penulis selama melaksanakan kegiatan PSG di PT.TELKOM SOLO adalah
saat penulis berada diruang MDF pada tanggal 15 Agustus 2014 Jum’at. Penulis
berangkat ke kantor pukul 07.40 wib dan tiba pukul 07.50 wib dikantor, pada
pagi itu penulis berada diruang MDF, sebelum pembimbing lapangan penulis datang
penulis menerima perintah dari atasan untuk menjumper di MDF setelah itu
pembimbing lapangan penulis datang dan mengajak penulis untuk kerja
lapangan.Setelah di lapangan penulis dan pembimbing menerima beberapa Tiket
gangguan (TELKOM TROUBLE TIKET) dan menelpon pelanggan yang telponnya akan di
perbaiki oleh penulis dan pembimbing lapangan penulis.Setelah memperbaiki
penulis dan pembimbing melanjutkan ke pelanggan berikutnya penulis dan
pembimbing mendapatkan beberapa masalah seperti jaringan tidak sampai kepada
telepon pelanggan, korosi, dan lain sebagainnya.Begitulah kegiatan penulis dari
pukul 08.00 wib sampai dengan 17.00 wib
Pada
bahasan sebelumnya telah penulis paparkan masalah-malasah yang penulis hadapi
selama melaksanakan kegiatan PSG yang terjadi pada pananganan gangguan telpon,
dan pada bab ini penulis akan membahas menganai pemecahan masalah yang harus
dilakukan, yaitu :
- Jaringan tidak sampai pada telepon
pelanggan :
Lakukan
pengecekan pada kabel DW/KU/Sekunder jika terjadi putus penyelesaian : maka
harus diganti/disambung kembali.
- Kontak :
Misalkan
kabel sekunder clam 1(biru-putih) dua urat tersebut bersentuhan Penyelesaian :
menggunakan alat Pair Checker
- Korosi :
Terjadi korosi pada DP penyelesaian
: Re-Connect
- Induksi :
Biasanya
terjadi kabel tertanam pada tembok , penyelesaian : kabel tersebut di IKR ulang
Kesimpulan : penanganan gangguan telepon yang sering terjadi di daerah Gladak yaitu Saat jaringan tidak sampai pada telepon pelanggan
0 komentar:
Posting Komentar